Selasa, 15 Mei 2012

Taylor Swift




Biografi :
PERSONAL



Taylor Swift yang lahir pada 13 Desember 1989 adalah penyanyi sekaligus pencipta lagu musik country. Memulai debutnya lewat jalur indie di tahun 2006, Swift memulai perjalanan karir bermusiknya dengan merilis single Tim McGraw dan langsung menempati posisi di tangga lagu U.S. Billboard.


Swift yang mempunyai nama asli Taylor Alison Swift lahir di Pennsylvania
dan tinggal dengan orang tuanya serta saudara lelakinya, Austin di Tennesse.
 Bakat bermusiknya diperolehnya dari neneknya yang seorang penyanyi opera
serta dipengaruhi oleh penyanyi LeAnn Rimes. Di usia 10 tahun, ia sudah mulai
 tampil di depan umum dan mulai menulis lirik lagu.




KARIR
Pada 24 Oktober 2006, Swift merilis albumnya yang berjudul TAYLOR SWIFT. Hampir seluruh lagu di album ini ditulis olehnya sendiri. Dan hasilnya, album penyanyi muda berbakat ini dapat terjual hingga 61.000 kopi pada minggu pertamanya. Tak berapa lama setelahnya, album ini menjadi juara di tangga lagu Billboard Top Country.


Swift juga mengeluarkan album SOUNDS OF THE SEASON yang dirilis pada 16 Oktober 2007. Sayangnya, album ini tidak sesukses album perdananya.


Pada musim gugur 2008, pelantung tembang Love Story dan White Horse ini merilis album keduanya, FEARLESS. Dalam tiga minggu saja sudah terjual sebanyak 330 ribu keping.


Lewat album FEARLESSSwift mendapatkan penghargaan di ajang Academy of Country Music Awards Ke-44 dalam kategori Album of The Year. Ia juga menerima trofi crystal milestone sebagai artis musik country dengan penjualan terbaik selama 2008.


Pada Februari 2010, ia mendapatkan 8 nominasi Grammy Awards, 4 di antaranya adalahAlbum of the Year dan Best Country Album untuk FEARLESS, serta Best Female Country Vocal Performance dan Best Country Song untuk White Horse.


Swift lalu muncul dalam film VALENTINE'S DAY, dan menyanyikan lagu utama dalam soundtracknya, yang berjudul Today Was a Fairytale. Dalam seminggu lagu ini telah terjual 325.000 kopi, dan langsung mendapatkan posisi 2 di tangga lagu Billboard Hot 100. Mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Britney Spears dan lagunyaWomanizer yang terjual 280.000 kopi pada minggu pertamanya.


Swift kemudian merilis album ketiganya, SPEAK NOW pada 25 Oktober 2010. Semenjak dirilis, para kritikus memberikan review yang sangat positif bahkan mendekati sempurna untuk album ini. Melengkapi respon positif dari kritikus, SPEAK NOW berhasil dengan hebatnya menembus angka satu juta kopi dalam minggu pertama, yaitu 1,047,000 hanya pada minggu pertamanya.


Swift adalah artis pertama yang mendapatkan satu juta kopi untuk penjualan albumnya di minggu pertama setelah Lil Wayne pada tahun 2008, dan juga artis country pertama yang mendapatkan satu juta kopi penjualan albumnya di minggu pertama, sejak Garth Brooks pada tahun 1994.

0 komentar:

Poskan Komentar

---PERHATIAN---
Apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, boleh di share dimana saja. Tetapi mohon untuk menyertakan link sumbernya. Trimakasih :)