Minggu, 20 Mei 2012

Fakta-fakta Unik tentang Rambut


Rambut? Iya, bener. Rambut yang selama ini kita anggep cuma sebagai "pengindah" ini ternyata punya fakta-fakta unik lho., dan pasti beberapa diantaranya belum kamu tau. Yuk kita simak! ;)

1. Dalam keadaan basah rambut mudah diatur
Ini yang menjadi alasan kenapa saat kita ingin memotong rambut, disarankan rambut dalam keadaan setengah kering. Selain itu, alat pengering atau blow akan mempertahankan bentuk rambut setelah kering.

2. Wanita Asia lebih sering pergi ke salon untuk memotong rambut ketimbang wanita dari etnis lain.

3. Ternyata rambut tidak bisa hidup sendiri.
Rambut tidak lagi menerima bantuan lebih dari jaringan yang menciptakannya. Untuk bertahan hidup, rambut membutuhkan bantuan dari bahan-bahan alami atau kimia yang diaplikasikan lewat shampo.

4. Wanita karier dekat dengan kebotakan
Menurut seorang dermatologis Dr Wong-Su-Ni, wanita dengan posisi pekerjaan tinggi cenderung mudah stres dan memicu timbulnya kerontokan.
"Wanita dengan gaya hidup ambisius dan agresif banyak dikendalikan oleh hormon testoteron sehingga memiliki kecenderungan untuk mewarisi karakteristik kerontokan rambut," katanya.

5. Perceraian membuat rambut rontok
Fakta yang mengatakan stres menyebabkan kerontokan rambut adalah benar. Rambut kita akan rontok 50-80 helai per hari saat stres. Namun jumlahnya meningkat saat seorang harus menghadapi pemutusan hubungan kerja, operasi, kehilangan, dan yang terparah adalah perceraian.

6. Rambut rusak membuat kita terlihat lebih tua
Penampilan rambut kamu yang tidak sehat dan berantakan membuat kamu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Penelitian ini telah dilakukan oleh Pantane dan juga menghasilkan fakta bahwa rambut rusak membuat kepribadian kamu terkesan malas, liar, dan tidak teratur.

7. Rambut ternyata moody
Rambut memiliki kepekaan tinggi terhadap lingkungan sekitarnya. Sifat rambut dipengaruhi mood orang tersebut dan cuaca pada saat itu. Ketika kita memiliki mood bagus, rambut cenderung mudah diatur. Begitu juga sebaliknya.

8. Sunbathing tidak lagi diminati saat liburan musim panas
Ternyata sinar UV dapat menyebabkan rambut kehilangan proteinnya. Jika rambut kamu kekurangan protein, maka rambut akan kering dan kehilangan cahayanya. Untuk itu, cobalah selalu menggunakan penutup kepala saat Anda berjemur.

9. Creambath menyebabkan rambut rontok dan berminyak.
Creambath harus sesuai kebutuhan dan jenis rambut. Kalau produknya salah, rambut akan rontok dan berminyak. Apalagi kalau pijatannya terlalu keras, maka minyak alami rambut terpacu untuk keluar.

10. Mengonsumsi terlalu banyak Alkohol, menyebabkan rambut menjadi kusam dan berbau
Alkohol dan kafein menghancurkan vitamin B1 dan vitamin B lainnya yang merupakan nutrisi penting bagi rambut. Selain menghindari konsumsi alkohol, penting untuk selalu menjaga keharuman alami rambut kamu dengan selalu menggunakan shampo berkandungan conditioner yang memiliki keharuman feminin.

11. Kehamilan tidak akan mengubah tekstur rambut kamu
Mitos mengatakan bahwa kehamilan, kemoterapi, dan medikasi dapat mengubah tekstur rambut. Mitos terbukti salah.

12. Silakan tidur tanpa mencuci rambut setelah di hair spray
"Asalkan, sebelum tidur, sikat dulu rambut agar sisa-sisa hair spray luruh," saran Salsuda Chuaviwat, Master Ambassador L'Oreal Professionel

13. Berenang membuat rambut rapuh
Kandungan klorin yang ada dalam air kolam renang terbukti membuat rambut menjadi mudah rapuh. Tingkat kerapuhan akibat berenang bergantung pada besarnya kadar klorin di air dan panjangnya rambut.
Namun hal ini tidak menjadi alasan bagi kamu untuk berhenti berenang karena kamu dapat mencegah klorin merusak rambut kamu dengan segera mencuci bersih rambut setelah berenang.

0 komentar:

Poskan Komentar

---PERHATIAN---
Apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, boleh di share dimana saja. Tetapi mohon untuk menyertakan link sumbernya. Trimakasih :)